Kapan Kita Bisa Jajan Cilok Pakai Crypto?

Cilok 0,0000000000000000001 BTC

Jawaban dari pertanyaan di judul cukup mudah yaitu: sekarang juga bisa, tapi kalian akan ditangkap polisi. Sama seperti metode pembayaran lainnya, yang perlu dimiliki oleh kedua belah pihak adalah kepercayaan antara si penjual dan pembeli. Jika si pedagang menerima crypto sebagai alat pembayaran maka kalian bisa jajan cilok pakai crypto. Masalahnya adalah, di Indonesia crypto tidak diakui sebagai alat pembayaran namun diakui sebagai aset. Jadi kalian akan ditangkap polisi jika ketahuan jual beli menggunakan crypto. Namun, kalian bebas membeli crypto sebagai alat investasi seperti layaknya saham.

Ada masalah regulasi yang menghalangi orang di Indonesia untuk menggunakan crypto sebagai alat pembayaran. Di daerah tertentu seperti di Uni Eropa penggunaan Crypto legal dan memiliki hukum tersendiri sama halnya seperti di Amerika Serikat. Sehingga kalian bisa bertransaksi menggunakan crypto di sana (tanpa takut ada tukang nasi goreng pake HT). Keputusan ini salah satunya didasari di Uni Eropa oleh Press Release Court of Justice of the European Union no 128/15. Di press release ini crypto diakui sebagai mata uang yang terdesentralisasi dan memiliki sistem yang berbeda dengan mata uang Fiat. Sama seperti di EU, US menyatakan crypto juga legal dipakai sebagai alat transaksi yang terdesentralisasi. Jadi bagi pengusaha cilok, kalian bisa dagang menggunakan crypto di negara-negara tersebut dan beberapa negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Australia dll.

Masalah selanjutnya, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dipecahkan karena banyak platform crypto yang sudah memfasilitasi ini. Masalah ini yaitu transfer dan valuasi barang. Transfer ke tukang cilok cukup mudah yaitu bisa dengan mengkonversi harga dari mata uang Fiat ke crypto favorit kalian. Ya, tapi masalahnya harga 1 BTC sebagai contoh sekarang kurang lebih 520 juta. Dengan harga cilok yang mungkin 10 ribu atau 5 ribu silahkan taruh angka 0 dibelakang koma sekuat tenaga.

Jadi kembali lagi, kapan kita bisa jajan cilok pakai crypto? sekarang bisa, namun tidak di Indonesia karena terkendala masalah regulasi pemerintah. Bagi kang cilok yang berminat bertransaksi menggunakan crypto ya silahkan bisa ke negara tetangga seperti Singapura contohnya agar tidak terkedala regulasi. Kira-kira menurut kalian apakah pemerintah Indonesia akan melonggarkan regulasi crypto kedepannya? silahkan DM saya untuk diskusi.

--

--

Language, Tech and Food.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store